Rabu, 01 Februari 2012

Blackforest Cake Mudah

Akhirnya hari yang ditunggu tiba juga . Yaitu ulang taunnya si ayank. Hehe. Uda dari lama kebingungan nyiapin kado apa yang mau dikasih, dan kue apa yang mau dibikin . Yap, emang aku selalu bikin kue sendiri buat acara yang spesial kaya gini, padahal sih si ayanknya sendiri ga terlalu suka yang manis2 , tapi kekeh pengen buat kue sendiri. Hihi. Obsesi akunya aja sih sebenernya , soalnya kalo pas lagi ga ada acara apa2 rada males2an bikin kuenya , sebenernya lebih ke males ngeluarin uangnya sih . Haha (pelit mode on). Nah mumpung sekarang ada yang mau dirayain jadi ga tanggung2 deh buat ngeluarin uangnya , kan enak jadi puas .

Setelah googling sana sini sempet kepikiran untuk bikin cheesecake karena aku adalah penggemar cheese, hehe. Tapi dipikir-pikir lagi si ayank ga terlalu suka cheesecake , dulu aja pernah beli dimakan dikit terus ”ih.. udah ah. Rasanya aneh” Lohhhh? Padahal menurutku enak , cium harumnya aja ngiler. siapa yang sebenernya ndeso sih?

Akhirnya cari resep lain . Gimana kalo mousse cake , hmm.. kedengerannya enak , tapi ternyata harus pake loyang bongkar pasang biar cakenya keliatan cantik , dan aku ga punya :’( Googling lagi kesana kemari  dan karena terlalu banyak pilihan akhirnya aku malah jadi bingung dan pusing , haha.. Karena pusing itulah akhirnya kuputuskan buat yang simple saja , like a blackforest J

Kalo blackforest sih aku ga pake cari resep lagi , hahaha. Belaga uda jago ya ..
Engga jago sih , cuma aku selalu pakai Pondan Blackforest untuk cakenya , haha.. Soalnya kalo bikin blackforest belanja bahannya lumayan banyak, jadi repot dan pasti nyisa2 bahannya .. Dan yang paling males itu nimbang2nya , wewwwhh..
Karena cuma mau bikin 1 kue , ya sudah beli pondan Blackforest lah ..

Bahannya :
- Telur 8 butir (6 Utuh , 2 Kuningnya saja)
- 1 Dus Pondan Blackforest
- Mentega/Butter 100 gram  (Aku pake Orchid unsalted, aku pake 115gram, biar wangi and lembuttttt)
- Margarin 150 gram (Aku pake forvita)

Cara buatnya :
- Olesi loyang dengan margarin tipis2 saja
- Panaskan oven atau kukusan. Aku selalu pake kukusan untuk kue2 tinggi , dulu pernah punya pengalaman kueku gosong dan traumalah sejak saat itu. Kalo pake kukusan jangan lupa tutupnya dilapis serbet agar air tidak netes ke kue
- Lelehkan mentega dan margarin dengan cara di tim, asal cair saja , pake api kecil sambil sesekali diaduk
- Kocok telur dengan mikser sampai putih mengenbang , sekitar 3-4 menit .
- Masukan pondan blackforest lalu kocok lagi hingga mengental dan mengembang , sekitar 5-7 menit
- Masukan pasta coklat yang terdapat dalam kardus pondan BF
- Kocok kembali sampai merata
- Masukan lelehan margarin dan mentega yang telah dicairkan . Aduk balik dengan spatula, atau kalo pake mikser kocok dengan speed paling rendah
- Tuang ke dalam loyang yang telah dioles margarin
- Oven atau kukus sampai matang

Note :
Kalo di oven sebaiknya adonan dibagi dua atau tiga bagian, karena pengalamanku dulu 1 adonan langsung aku tuang dan aku oven , alhasil pinggiran kue sudah matang sedangkan bagian dalam kue masih sangat basah . pas aku balik kuenya , adonannya yang masih mentah berceceran , akhirnya aku masukin lagi ke loyang dan aku oven lagi , sambil keringat dingin aku berdoa supaya kuenya baik2 saja .. Tapi apa daya , bagian bawah dan pinggirannya menjadi gosong, akhirnya aku buang saja bagiannya yang gosongnya , yang lain tetap lanjut dihias dan dimakan .. padahal rasanya enaaaaakkkk sekali , sayang kuenya jadi pendek karena banyak bagian yang terbuang .. Jadi hati2 ya teman2

 Kuenya aku buat hari senin malam. Setelah kuenya jadi lalu aku simpan semalaman di kulkas , selasa malam baru aku hias. Kuenya aku belah dua lalu aku oles selai , hiasannya pake whip cream dan buah2an segar . Whip creamnya aku pake merk pondan , buah2nya aku pakai strawberry , buah naga , dan anggur hijau .. Emmmhhhh, yummmyyyy




Nah hasil jadi kuenya seperti ini , memang biasa sekali ya .. Tapi baru segini yang aku bisa , nanti belajar lagi deh dan beli alat2nya untuk mendukung belajarnya , hehehe

Ini dia kuenya , pinggirnya belum sempat dirapikan :) hehe




Jam 9.30 malam aku matiin lampu , taro kue dan kadonya diatas karpet dan aku nyalain lilin . Hehe
Ketika ayang datang "Tuk tuk , Assalamualaikum...." Aku buka pintu dan "Happppyyyy Biirrtthhhdayyyyy... :)
Si ayank senang sekali ekspresinya wajahnya , sumringah gitu .. he

Setelah dia mandi barulah kita potong kuenya, sambil minum teh anget , emmm.. enak sekali . he

Duh yang lagi potong kue :)

Blackforest, yumm yumm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar