Senin, 20 Februari 2012

BOLU KETAN ITEM

Hari minggu kemarin pengen banget bikin bolu ketan item (hitam coy bukan item). Tapi rada males beli bahannya, dipikir gula ada , minyak sayur ada, tinggal telor sama tepungnya. Emang dasar ogoan akhirnya pagi2 ntip ke si mamah buat beliin tepung ketan hitam sama telornya. Ga lupa juga mamah beliin santen sama vanili, biar kaya rasa . Hehehe ibu2 kreatip 

Kue ini gampang banget buatnya , rasanya juga unik , soalnya pas dimakan nanti kaya ada butiran2 pasirnya gitu, bukan lumer di mulut, tapi maur di mulut. He
Kalo yang belum pernah liat tepung ketan hitam pasti bakal bilang ”Ihhh.. Abu Gosok, jangan dimakan!” Haha, emang mirip banget warnanya kaya abu gosok , dipikir2 rasanya juga aneh banget ya , ketan hitam kalo dimakan langsung kan ga kaya pasir, kenapa pas dijadiin tepung jadi berasa begitu?

Disamping pemikiran tentang semua itu yang sebenernya aku ga terlalu pikirin , aku langsung aja jam 10 pagi udah mulai bikin kuenya , di bantuin ade2 yang pada ngebersihin loyang and nyuciin peralatannya .. Hahaha, bener2 pemalesan ya... Yah, secara ini kan hari libur. Hahaha

Ini bahannya :
- 6 butir telur
- ½ sdt SP
- 250 gram tepung ketan hitam
- 150 gram gula
- 65 ml Santan (pake Kara aja, biar praktis, he)
- 200ml minyak sayur (kemarin aku pake butter 40g + margarin 20g dicairkan, lalu ditambah minyak sampai 200ml)
- ½ sdt garam (biar gurih, dijamin beda banget kalo ga pake)
- 2 bungkus vanilli

Cara buatnya :
- Panaskan air dalam kukusan yang kira2 muat untuk menampung loyang yang akan kita pakai
- Kocok telur dan gula sampai mengembang, tambahkan SP dan vanilli, kocok lagi sampai mengental
- Masukan tepung ketan hitam dan garam , aduk rata.
- Masukan campuran minyak dan margarin yang telah dicairkan
- Masukan santan , aduk rata
- Tuang ke loyang yang sudah dioles margarin tipis
- Kukus selama 40 menit, sampai matang, lebih dikit juga gapapa, kan anti gosong , hahaha :D

Resep ini untuk loyang bulat diameter 22cm. Tapi aku lagi pengen yang kotak2 , jadi aku buat di loyang ukuran 15cm x 30 cm, hasilnya jadi 2 loyang. Setelah matang dan kuenya dingin , aku kasih hiasan coklat putih , karena memang cuma itu yang ada . Hahaha
Bolu ketan hitam dengan coklat putih
Kuenya dipotong2 bentuk kotak2
Sebagian aku pisahkan untuk aku bawa buat keluarga doi. Hihihihi
Paling hobby bikin coklat bentuk2  , buat ayank selalu bentuk hati . Hihihihi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar