Selasa, 07 Februari 2012

KARI AYAM

Hari minggu kemarin aku sama doi janji mau masak2, niatnya mau buat soto. He
Tapi hari jumat kemarinnya si ayank lembur sampe sabtu pagi , terus sabtu siangnya dia kuliah ke serpong, ada ujian katanya. Malem minggu pulang kuliah si ayank nganterin aku ke kondangan di cihideung , pulang kondangan kita langsung pulang ke rumah aku dan teparlah, tidurrrrrr... Aku bangun jam 6 , dan si ayank bangun jam 10 .. wualah .. ditawarin makan malah nanti2 dulu, padahal mah bukan belum laper , tapi males buatnya . he , Akhirnya si mama buatin mie goreng , dan ga pake lama kita langsung makan dengan lahapnya dan nambah pula .. Hahaha, secara gitu uda jam makan siang, jadi doubel makannya

Siangnya sekitar jam 2 dia ngajak ke pasar , katanya mau dijadiin acara masak2nya .. Yauda , walaupun kita belum mandi , kita go langsung ke pasar . Sebelum nyampe pasar doi minta ke jambu dua plaza, mau ngambil uang katanya ..
Pas udah ngambil uang , eh dia minta lagi temenin dulu bentar mau liat sepatu . Hmmmm,, diluar rencana . Akhirnya keliling2 disana liat2 sepatu , doi sibuk milih2 , sedangkan aku bingung mau ngapain L Eh tapi ko ya , perasaan orang2 pada ngeliatin aku mulu , hmmmm.. Penasaran kenapa , pas ga sengaja lewat kaca , dan ... ASTAGAAAA.. baju yang aku pake dekil + belel. Sumpah ya , aku langsung tarik doi aku marah2in , bilang ke kalo mau nyari sepatu dulu, tadi aku asal ambil aja baju yang ada, yang penting adem , ga liat dekil or belelnya .. Euuuhhhhh, jengkkeeellllll banget diliatin terus sama orang2 L udah males banget senyum, sialllll.. Yang paling diharepin sih ya jangan sampe ada temen yang ngeliat aku , malu mbok L

Akhirnya selesai juga di mallnya, ALHAMDULILLAH . langsung deh ke pasar  belanja ini itu ga pake lama, biar cepet kita berpencar , aku beli ini doi beli itu .. Yowes , aku jalan sendiri , eh ketemu toko kue , jadi keingetan cream cheese dirumah belum di apa2in, tapi cuma punya 1 cup doang , sedangkan loyang ukuran 22cm , mana muat , yauda akhirnya aku beli keju sama kismis aja deh jadinya , niat banget pengen bikin cheesecake uda dari lama , hihi

Selesai belanja langsung pulang dan siap2 masak , ngeliat bahan yang ada akhirnya ga jadi bikin soto , tapi mau bikin kari , yauda gpp , ikutin yang tua aja , he


Nih resep kari,
Bahan I :
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
4 batang cabe merah besar
Setengah ruas jahe
Setengah ruas kunyit
2 buah kemiri
1 sdt ketumbar

Bahan II :
1 kg ayam , potong sesuai selera
½ kg wortel , potong sesuai selera
½ kg kentang , potong sesuai selera
3 lembar daun salam
1 batang sereh, memarkan
1 ruas lengkuas, memarkan
Santan dari 1 butir kelapa parut
Gula dan garam, secukupnya
10 buah cabe bulat

Cara memasak :
-         Haluskan bahan I (aku pake blender, hihihi)
-         Panaskan minyak , lalu tumis Bahan I yang telah dihaluskan , masukan salam, sereh, lengkuas, dan cabe bulat , tumis sampai wangi dan agak kering
-         Panaskan air/santan cair dalam panci besar , lalu masukan ayam , wortel , kentang dan bumbu yang tadi ditumis
-         Jangan lupa tambahkan gula , garam , dan penyedap rasa
-         Rebus sampai ayam matang dan sayuran lunak
-         Tambahkan santan kental, lalu tunggu sampai mendidih
-         Sajikan selagi hangat dengan nasi dan bawang goreng J

Note :
Santan kental maksudnya santan yang di dapat pada perasan pertama. Sedangkan santan cair adalah yang berasal dari perasan2 selanjutnya.

Sayang untuk resep kari ini tidak sempat di foto2 , hehe . Yah , langsung dicoba saja dirumah masing2 ya . Selamat mencoba


Ini saya tambahkan foto supaya kalian semakin ngiler , hihi
sumber gambar kitabmasakan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar